Nyali Seorang Ibu Rumah Tangga Sambut Dana Desa

Dana Desa Kabar Desa Pertanian Warga Desa

Berbeda dengan yang lain, Seorang Ibu Rumah Tangga warga Desa Putatgede yakni SARMINI (35 th, Rt.03 Rw.07) dengan semangat ikut andil dalam gotong royong membangun Talud/Senderan yang berada di wilayahnya. Beliau mewakili suaminya (SUNARDI, 46 Th) yang bekerja Dinas Ciptaru Kabupaten Kendal.

Walaupun berbeda gendernya, beliau tidak sungkan-sungkan untuk menyingsingkan lengan bajunya ikut turun bekerja membantu para pekerja, beliau berbaur dengan warga laki-laki lain yang ikut bergotong royong. Beliau dengan penuh rasa tanggungjawab melaksanakan atas tugas yang dijawdwalkan untuknya. Jadwal gotong royong yang  dibuat berdasarkan Musyawarah tingkat RT/RW di wilayah tersebut, yakni setiap hari warga setempat bergotong royong antara 5-6 orang. Jadwal tersebut di khususkan untuk mereka yang berkeluarga tak terkecuali.

 

 

 

 

Pembangunan Talud/Senderan tersebut oleh Pemerintah Desa dianggarkan di APBDesa 2017 bersumber dari Dana Desa sebesar Rp. 330.223.000,- (Tiga ratus tiga puluh juta dua ratus dua puluh tiga ribu rupiah) di titikberatkan di wilayah RW.07 yaitu sepanjang 760 M, yang terbagi menjadi dua yaitu  :

  1. Pembangunan Talud/Senderan di RT.03 RW.07 Volume 350 x 1,1 x 0,40 M
  2. Pembangunan Talud/Senderan di Jalan Pertanian Blok 2 Volume 410 x 1,1 x 0,40 M

 

 

Angaran sebesar tersebut dianggarkan mengingat untuk memasok Material pembangunan diwilayah tersebut melewati Jalan milik Kabupaten (Jl. Kyai Suropadan, Lihat Maps) yang sudah tidak layak dilewati oleh Truck Muatan, sehingga oleh Penyuplai material (Galih Kindarto (Pemilik UD. Ari Jaya), dkk), Material di tampung di wilayah RW.6 yang berjarak kurang lebih 1 KM dari titik lokasi. Kedua Proyek Pembangunan Talud/Senderan bersumber dari Dana Desa Tahun 2017 (Tahap I) tersebut saling menyambung dengan menelan biaya sebesar :

 

 

  1. Pembangunan Talud/Senderan diwilayah RT.03 RW.07 sepanjang 350 M sebesar Rp. 123.118.500,- (Seratus dua puluh tiga juta seratus delapan belas ribu lima ratus rupiah)
  2. Pembangunan Talud/Senderan diwilayah Jalan Pertanian Blok 2 sepanjang 410 M sebesar Rp. 144.545.000,- (Seratus empat puluh empat juta lima ratus empat puluh lima ribu rupiah)

 

Proyek tersebut telah selesai 100% dikerjakan, dengan mengingat pembangunan Rabat Beton yang dilaksanakan PNPM pada tahun 2009 yang sampai saat ini masih layak digunakan dan kokoh.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Facebook

1 thought on “Nyali Seorang Ibu Rumah Tangga Sambut Dana Desa

Tinggalkan Komentar dan Balasan