Well Logging Di Lakukan Setelah Satu Minggu Pengeboran Sumur Pamsimas

Kabar Desa Lingkungan

Putatgede.desa.id – Seminggu sudah pelaksanaan pengeboran Sumur untuk Kegiatan Proyek Pamsimas III di Desa Putatgede. Hari ini (Senin, 1/05/2019) CV. Tata Wardana melaksanakan Well Logging di lokasi sumur bur tersebut.

Tujuan dilaksanakannya Well Logging adalah untuk mendapatkan rekaman log yang detail mengenai formasi geologi dengan menggunakan alat ukur yang dimasukkan kedalam lubang sumur atau lubang bor untuk evaluasi formasi dan identifikasi ciri-ciri batuan di bawah permukaan.

Proses Saat Sondir dimasukkan ke sumur bur untuk Well Loging.

Pelaksanaan wireline logging merupakan kegiatan yang dilakukan dengan memasukkan alat yang disebut sondir ke dalam lubang pemboran sampai ke dasar lubang. Pencatatan dilakukan dengan menarik sondir tersebut dari dasar lubang sampai ke kedalaman yang diinginkan dengan kecepatan yang tetap dan menerus. Kegiatan ini dilakukan segera setelah pekerjaan pengeboran selesai.

Dari 120 Meter kedalam yang direncanakan baru sekitar 103 M kedalaman kabel yang dapat dimasukkan, karena selang 4 jam dari proses pengeboran terakhir alat untuk logging datang.

Hasil catatan loging dengan kedalam 103 meter, didapatkan data sumber air yang bagus ada dua titik yaitu di kedalaman 54 – 66 Meter dan dikedalaman 84 – 96 meter. Dari kedua titik sumber air tersebut nantinya yang akan di pasang pipa screening sebagai sumber air. Debit air diperkirakan dari dua titik tersebut sama-sama bagusnya dan melimpah.

Pipa pralon PVC yang akan di masukkan menurut rencana sesuai dengan RAB yaitu Pipa PVC 6″ dengan kelas SNI. Harapannya bisa bertahan hingga beberapa puluh tahun kemudian, sehingga dimungkinkan masyarakat atau warga yang menggunakan untuk Sambungan Rumah tidak kecewa.

 

Komentar Facebook

Tinggalkan Komentar dan Balasan