Unik, Camat Gelar Cuci Tangan Bersama Anak-anak TK-PAUD

Kabar Desa Lingkungan

Putatgede – Hari Cuci Tangan Sedunia telah berlangsung 2 hari yang lalu (15/10/2019), Hari ini Camat Ngampel menghadiri peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia Tabun 2017 di TK Nusa Bakti Desa Putatgede Kec. Ngampel Kab. Kendal. Kegiatan yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober ini, bertujuan untuk memberikan dampak positif dalam mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih sehat dan higienis.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kecamatan Ngampel bersama Kader-kader PKK Kecamatan Ngampel. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa sekolah tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan yang bisa dimulai dari cuci tangan.

Camat Ngampel mengatakan, Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB. Perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat, menurutnya sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita. Selain untuk kesehatan, gerakan cuci tangan ini juga sebagai pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia, serta dapat mengurangi angka kematian yang terkait dengan penyakit diare hingga 50 persen.

Kebiasaan cuci tangan merupakan hal sederhana yang kadang terlupakan atau terkadang hanya menggunakan air tanpa sabun. Kebiasaan ini harusnya dilakukan secara benar, sehingga menjadi kebiasaan yang positif dalam kehidupan sehari-hari dalam perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Secara teknis mencuci tangan yang benar yaitu menggunakan air bersih yang mengalir dan memakai sabun agar tangan benar-benar terbebas dari kuman.

Dalam aksi cuci tangan bersama ini, ada tujuh tahapan. Pertama tahapan mencuci tangan dengan menggosokkan sabun. Kemudian menggosokkan bagian punggung tangan, jari-jari hingga bersih. Kemudian bersihkan ujung jari secara bergantian, gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian. Selanjutnya meletakkan ujung jari ke telapak tangan lalu gosok secara perlahan.

Kegiatan disekolahnya ini sangat positif, karena para siswa dapat mengetahui cara mencuci tangan dengan sabun secara baik dan benar. Adanya kegiatan ini mampu mengubah pola hidup masyarakat menjadi pola hidup yang sehat dengan mencuci tangan secara benar, baik setelah ataupun sebelum melakukan kegiatan sehari-hari.

Sudahkah anda mencuci tangan pakai sabun hari ini ?

 

Komentar Facebook

Tinggalkan Komentar dan Balasan