Putatgede Terapkan Penggunaan Aplikasi Siskeudes Semi Online

Kabar Desa Pemerintahan

Putatgede – Kehadiran Aplikasi Keuangan yang digunakan Pemerintahan Desa terus dikembangkan, dan digencarkan penggunaannya oleh Pemerintah Pusat dalam rangka pengelolaan keuangan di desa. Sebagaimana aplikasi Siskeudes yang hingga saat ini di gunakan oleh Pemerintah Desa Putatgede sejak tahun 2017.

Yang namanya aplikasi sedang dikembangkan pasti masih banyak kelebihan dan kekurangannya, sehingga membuat user atau pemakai terkadang bingung. Di setiap versi yang ada dari semenjak versi 1 sampai versi 2 dengan beberapa kali update ada saja kendala yang ada. Mulai dari dalam aplikasi tersebut sampai pengguna yang ada di desa masing-masing.

Menilik dari realita pengguna yang ada di desa Putatgede yaitu mulai Sekretaris Desa, Kaur Keuangan dan Kaur Perencanaan masing-masing mempunyai peranan yang berbeda-beda dalam menggunakan aplikasi siskeudes dengan menggunakan satu database. Dari perbedaan peranan tersebut, acap kali terjadi kekeliruan copy paste database yang ada walaupun sudah diupayakan untuk membackupnya. Sedang kalau dilihat dari dalam aplikasi Siskeudes tersebut juga masih ada beberapa bug/eror dibeberapa bagian dari setiap updatenya.

Sebagai contoh antara Aplikasi Siskeudes Versi 2.01 dan Versi 2.02 ada juga kelebihan dan kelebihannya, diantaranya :

Dalam Fitur menu Laporan Penatausahaan di sub menu Buku Kas Pembantu Pajak, di Versi 2.01 untuk cetak bisa diakses atau dilanjutkan. Sedangkan di Versi 2.02 ditemui bug / eror.

Siskeudes V2.01

 

Siskeudes V2.02

Dari salah satu kelemahan diatas dan beberapa kebutuhan masing-masing pengguna/user desa maka di oleh Kaur Perencanaan Desa dibuatkan Semi Online menggunakan Aplikasi keluaran Microsoft sendiri yaitu OneDrive untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Semua aplikasi dari 2 versi tersebut di letakkan di OneDrive dengan menggunakan akun milik desa, sehingga bisa diakses dan di download dari manapun dengan tetap satu Database yang uptodate penatausahaan dan lainnya.

Komentar Facebook

Tinggalkan Komentar dan Balasan