Posyandu Tempat Layanan Kesehatan Terkecil dan Termurah Di Desa

Kabar Desa Kesehatan Lingkungan

PUTATGEDE.DESA.ID – Posyandu memiliki peran yang strategis dalam upaya pencegahan penyakit dan perbaikan gizi masyarakat. Sayangnya ia masih dipandang sebelah mata. Setiap hari Selasa minggu kedua setiap bulannya Listyawati (Bidan Desa Putatgede) selalu melaksanakan kegitan tersebut. Pelayanan Terpadu (Posyandu) Desa Putatgede setiap bulan dilaksanakan di 4 (empat) pos, yaitu Pos Lestari I (rumah Bp. Sumari RT.02 RW.02), Pos Lestari II (Polindes Desa), Pos Lestari III (Rumah Bp. Sukidjo RT.02 RW.05), Pos Lestari IV (Rumah Bpk. Jaseri RT.02 RW.07). Masyarakat khususnya ibu-ibu yang memiliki anak balita mempunyai kesadaran tersendiri untuk melakukan penimbangan berat badan atau imunisasi bagi anak-anakya.

Di Posyandu, kehadiran masyarakat tidak memandang kriteria dari keluarga pra sejahtera, maupun keluarga lebih mampu. Banyak keluarga yang tergolong mampu tetapi mereka lebih memilih hadir di Posyandu dari pada untuk membawa anaknya ke dokter anak.

Posyandu dikembangkan atas prakarsa Presiden Soeharto pada tahun 1984, Posyandu dulu pernah menjadi kebanggaan rakyat. Setiap bulannya, rakyat berbondong-bondong mendatangi Posyandu yang dikelola berbasiskan komunitas. Tenaga sukarelawan kesehatan di Posyandu yang telah mendapatkan pelatihan dari dinas kesehatan setempat memberikan panduan kesehatan bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Selain itu, Posyandu juga memberi vaksinasi dan makanan suplemen kepada bayi dan balita. Posyandu juga menjadi media deteksi dini kasus-kasus malagizi dan kekurangan gizi pada bayi dan balita.

Selain anak-anak, beberapa tahun terakhir ini posyandu telah dikembangkan untuk memberikan pelayanan kepada orang lanjut usia (lansia) yang jumlahnya semakin tahun terus meningkat seiring peningkatan usia harapan hidup.

Komentar Facebook

Tinggalkan Komentar dan Balasan