Pesta Siaga Menjadi Ajang Lomba Meraih Prestasi

Kabar Desa Lingkungan Seni Budaya

PUTATGEDE.DESA.ID – Pesta Siaga menjadi salah satu ajang memupuk prestasi di bidang Kepramukaan. Hal itu sangat menjadikan kegiatan ekstra kurikuler wajib semakin menarik. Berbagai kecakapan, keterampilan, dan ketangkasan diajarkan kepada Pramuka Siaga di lembaga pendidikan dasar.

Setahun sekali diadakan ajang meraih prestasi tertinggi di tingkat kecamatan hingga tingkat yang lebih luas. Seperti halnya siang tadi (02/03/2019) di wilayah Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal digelar kegiatan Pesta Siaga Kwarran 11.24.18 Tahun 2019 diikuti 480 peserta dari berbagai SD/MI wilayah Kecamatan Ngampel.

Semahir apapun bermain basket, pasti tak luput dari meleset dalam memasukkan bola. (Dok. Agus G)

Seluruh SD dan MI di wilayah ini mengirimkan masing-masing 2 barung. Mereka berlomba kecakapan, keterampilan dan kecakapan dengan semangat yang tinggi.

Acara berlangsung di Lapangan Sepak Bola dan dilingkungan SDN Putatgede Kecamatan Ngampel, dengan berbagai jenis lomba diantaranya :

  1. Takwa Kepada Tuhan (Surat Pendek dan Doa Harian).
  2. TPGP (Tanda Pengenal Gerakan Pramuka)
  3. Rangking 1 Siaga Gembira
  4. Pengamatan dan Daya Ingat (Bentuk dan Warna)
  5. Tali Temali
  6. Kompas
  7. PBB (Peraturan Baris Berbaris)
  8. Ketrampilan Caping
  9. Basket Mini
  10. Pentas Seni, dan
  11. Jawa Tengahku Hebat (Peta Buta).
Peserta dengan trampil memainkan peranannnya saat Pentas Seni. (Dok. Agus G).

Terlihat semua peserta antusias mengikuti lomba rangking satu ini. Secara aktif dan penuh perhatian dalam menerima petunjuk dan mengerjakan semua soal yang diberikan oleh Panitia. Masing-masing barung menyelesaikan seluruh taman (pos) kegiatan. Mulai dari pengetahuan kepramukaan, peta, baris-berbaris, tali-temali,  basket mini, hingga semua lomba yang dipertandingkan.

Menginjak penutupan akhir acara, seluruh nilai yang didapatkan dari berbagai dewan juri didapatkan hasil yang sangat memuaskan dengan kriteria nilai dari yang tertinggi dan di bedakan untuk Barung Putra dan Putri, sebagai berikut :

JUARA BARUNG PUTRA BARUNG PUTRI
I SDN 2 SUMBERSARI MI WINONG
II SDN NGAMPELWETAN SDN SUDIPAYUNG
III MI WINONG MI SUDIPAYUNG

 

HARAPAN BARUNG PUTRA BARUNG PUTRI
I SDN NGAMPELKULON SDN NGAMPELWETAN
II MI SUDIPAYUNG SDN 2 SUMBERSARI
III SDN SUDIPAYUNG SDN 2 NGAMPELKULON

Dari agenda kegiatan pesta siaga tersebut, selaku pemegang juara pertama akan mewakili Tingkat Kwaran Kecamatan Ngampel untuk maju ke Lomba Pesta Siaga mendatang di Tingkat Kwarcab Kabupaten Kendal.

 

Komentar Facebook

Tinggalkan Komentar dan Balasan