Mahasiswa UIN Lakukan Penelitian Sistem IT Tata Kelola Desa

Kabar Desa Pemerintahan

Putatgede – Semenjak adanya UU Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Desa di luncurkan, Pemerintah Desa menjadi sorotan publik secara keseluruhan. Baik kalangan instansi negeri maupun swasta bahkan hingga perguruan tinggi, ingin mengetahui tentang seluk beluk pemerintahan Desa dari segala segi.

Salah satunya adalah seorang mahasiswa bernama Miftakhul Hanif. Hanif (panggilan) adalah mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Semarang Fakultas Dakwah dan Komunikasi, saat ini sedang menjalani di Semester 9 melakukan penelitian tentang “Pemanfaatan Website Sideka untuk Mengembangkan Masyarakat Desa Putatgede Kecamatan Ngampel Kab. Kendal”. Hanif melakukan penelitian pemanfaatan website Sideka ini sejak bulan Agustus 2018 hingga berita ini diturunkan.

Penelitian dilakukan dari penyusunan website desa dari Sideka, sistem tata kelola desa melalui Sideka hingga bentuk manfaat bagi masyarakat dengan adanya website tersebut. Penelitian dilakukan melalui wawancara dari admin tata kelola informasi desa hingga kepada masyarakat desa putatgede.

Tampilan website Sideka Desa Putatgede

Oleh Hanif, secara umum hasil wawancaranya digambarkan, bahwa segala bentuk informasi yang ada di Desa Putatgede telah diinformasikan melalui media sosial baik Facebook, Instagram, Twitter hingga website desa. Website Desa putatgede berawal dari blogspot yang dibangun mulai tahun 2011 hingga 2017, dan beralih dengan menggunakan Sideka (http://putatgede.sideka.id) sejak 2017 hingga saat ini telah terdaftar di kemkominfo Republik Indonesia menjadi desa.id (http://putatgede.desa.id) sejak Juli 2018.  Yang menjadikan lebih informatif lagi, semua informasi sejak tahun 2017 hingga saat ini tata kelola informasi Desa Putatgede disajikan secara menyeluruh didalam website Desa Putatgede dan menggunakan Aplikasi bawaan sideka yaitu Sideka Desktop sebagai tata kelolanya. Dengan adanya website Desa Putatgede, mempunyai dampak yang baik bagi masyarakat dimulai dari kegiatan-kegiatan yang ada di desa hingga merambah kepada pemuda untuk lebih giat berinovasi.

Hanif melakukan wawancara dengan masyarakat saat melakukan layanan kependudukan. (foto arrin).

Pada website Desa Putatgede menyediakan berbagai macam informasi antara lain : Beranda yang menyajikan headline-headline berita serta info terbaru, Profil Desa yang terdiri dari Sejarah, Visi Misi dan dan Lembaga Desa, Agenda Desa yang memuat tentang data desa (tata kelola keuangan desa, kependudukan, peta desa, regulasi yang ada di desa), Pelayanan Desa serta penyampaian informasi opini publik.

Harapan ke depan, Hanif menyampaikan “Pemanfaatan Website Desa Putatgede tidak sekedar memberikan informasi-informasi berhubungan dengan kegiatan-kegiatan saja, namun lebih difokuskan lagi kepada pemberdayaan masyarakat untuk mengembangkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa sendiri, dengan cara menginformasikan potensi-potensi desa serta produk-produk inovasi masyarakat agar lebih dikenal kepada masyarakat secara luas.”

 

Komentar Facebook

Tinggalkan Komentar dan Balasan