Heboh, Dengan Sengaja Bidan Desa dibantu Istri Kepala Desa Bagikan Kapsul Gratis Kepada Anak Balita Se-Desa

Kabar Desa Kesehatan Lingkungan

Putatgede – Sudah menjadi kebiasaannya, setiap Bulan Februari dan Agustus Pemerintah membagikan Kapsul Vitamin A melalui Posyandu-posyandu di Desa. Tak terkecuali di Desa Putatgede selama beberapa hari ini Bidan Desa (Listyawati) dibantu Istri Kepala Desa Putatgede (Ny. Uswatun Khasanah Supriyadi) secara bergiliran membagikan Kapsul Vitamin A kepada anak-anak Balita melalui Posyandu (Lestari I – IV).

Ny. Uswatun Khasanah Supriyadi (Duduk), memberikan Kapsul Vitamin A.

Tak dipungkiri lagi bahwa kurangnya Vitamin A (KVA) masih merupakan masalah yang tersebar di seluruh dunia terutama di Negara berkembang dan dapat terjadi pada semua umur terutama pada masa pertumbuhan . Salah satu dampak kurang vitamin A adalah kelainan pada mata yang umumnya terjadi pada anak usia 6 bulan s/d 4 tahun yang menjadi penyebab utama kebutaan di negara berkembang.

Kurang Vitamin A pada anak biasanya terjadi pada anak yang menderita Kurang Energi Protein (KEP) atau gizi buruk sebagai akibat asupan zat gizi sangat kurang,termasuk zat gizi mikro dalam hal ini vitamin A. Anak yang menderita kurang vitamin A mudah sekali terserang infeksi seperti infeksi saluran pernafasan akut,campak,cacar air,diare dan infeksi lain karena daya tahan anak menurun. Namun masalah kekurangan vitamin A dapat juga terjadi pada keluarga dengan penghasilan cukup. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan orang tua terutama ibu tentang gizi yang baik. Gangguan penyerapan pada usus juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin A.

Pemerintah dalam menyikapi masalah tentang kekurangan vitamin A melalui suplementasi Vitamin A dosis tinggi kepada anak balita. Suplementasi Vitamin A adalah program intervensi pemberian Kapsul Vitamin A bagi anak usia 6-59 bulan dan ibu nifas yang bertujuan selain untuk mencegah kebutaan juga untuk menanggulangi kekurangan Vitamin A (KVA) yang masih cukup tinggi pada balita.

Mungkin ada yang penasaran, kenapa sih kita harus mengkonsumsi Vitamin A? Seberapa penting Vitamin A untuk tubuh kita? Berikut penjelasan mengenai vitamin A : Vitamin A adalah salah satu zat gizi penting yang larut dalam lemak dan disimpan dalam hati,tidak dapat dibuat oleh tubuh, sehingga harus dipenuhi dari luar.

Mengkonsumsi vitamin A bagi balita sangat banyak manfaatnya, seperti :

  • Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare.
  • Membantu proses penglihatan dalam adaptasi terang ke tempat yang gelap.
  • Mencegah kelainan pada sel –sel epitel termasuk selaput lender mata.
  • Mencegah terjadinya proses metaplasi sel –sel epitel sehingga kelenjar tidak memproduksi cairan yang dapat menyebabkan kekeringan mata.
  • Mencegah terjadinya kerusakan mata hingga kebutaan.
  • Vitamin A esensial untuk membantu proses pertumbuhan
Kegiatan Posyandi Pos Lestari III

Vitamin A tidak dapat dibuat oleh tubuh sehingga harus dipenuhi dari luar tubuh. Sebagian besar berasal dari produk hewani seperti daging, telur, susu dan hati, serta beberapa makanan nabati yang mengandung beta-karoten (pro-vitamin A, yang oleh tubuh diubah menjadi Vitamin A, yaitu yang berasal dari buah-buahan dan sayur-sayuran berwarna-warni seperti wortel, bayam, kol, brokoli, semangka, melon, pepaya, mangga, tomat, dan kacang polong. Sedangkan sumber Vitamin A hasil rekayasa adalah beberapa produk makanan yang diperkaya (fortifikasi) dengan Vitamin A antara lain dalam minyak goreng, margarin, susu dan beberapa jenis mie instan. Ada lagi sumber Vitamin A yang sangat potensial karena gratis, mudah didapat dan dosisnya mencukupi yaitu Kapsul Vitamin A.

Komentar Facebook

Tinggalkan Komentar dan Balasan