Diskominfo Kendal Kunjungi Putatgede Terkait Sistem Informasi Desa di Kendal

Kabar Desa Pemerintahan

PUTATGEDE.DESA.ID –  Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kendal, Hari ini Kamis, 14 Maret 2019 melakukan konfirmasi ke Kantor Balai Desa Putatgede terkait pelaksanaan Sistem Informasi Desa di Kendal. Dalam kunjungan kali ini dilakukan oleh 4 (empat) orang yang di pandu oleh Bp. Danu Wicaksono dengan didampingi Bp. Heri A, Farid Is dan Miftakhur R.

Kehadiran Diskominfo di sambut oleh Sekretaris Desa Putatgede (Nofim Indriyani) dan Admin Website Desa (Muchamad Mustagfirin). Dengan berdiskusi tentang pelaksanaan Sistem Informasi Desa di Putatgede dan Aplikasi-aplikasi yang dipakai baik untuk pelayanan kependudukan maupun pengelolaan keuangan desa.

Permintaan data-data tersebut kedepan direncanakan oleh Diskominfo akan di sinkronkan ke dalam Website. Selain itu juga berdiskusi tentang adanya aplikasi-aplikasi untuk pelayanan kependudukan, yang beberapa hari kedepan akan dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terkait pemanfaatan NIK (Nomor Induk Kependudukan)  untuk pelayanan kependudukan secara online.

Harapan Pemerintah Kabupaten, semua permintaan data yang berhubungan dengan kabupaten kendal minimal bisa diakses melalui satu pintu di Pemerintah Kabupaten, karena sebagai Dinas Komunikasi dan Informasi selama ini belum maksimal dimanfaatkan keberadaanya. Sebagai contoh di Pemerintahan Desa, salam melaksanakan Sistem Informasi Desa di minta upload data kependudukan dan keuangan dalam sideka.id atau SIDesa Jateng ataupun situs-situs lainnya. Ungkap Bp. Danu Wicaksono.

Sebagaimana diberitakan di news.okezone.com, Mengenai data kependudukan, Kemendagri punya gagasan dan impian besar untuk mengintegrasikan Nomor Induk Kependudukan dalam segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara yang dapat memudahkan setiap proses dan layanan untuk masyarakat. Salah satu langkah yang telah dilakukan Ditjen Pendudukan dan Pencatatan Sipil adalah dengan program Dukcapil Go Digital yang telah diluncurkan beberapa hari lalu. Hal ini semakin menunjukkan komitmen pemerintah untuk menerapkan Single Identity Number (SIN).

Komentar Facebook

Tinggalkan Komentar dan Balasan