Di tanya tentang Website Desanya, Ini yang dilakukan oleh admin…

Kabar Desa Pemerintahan

PUTATGEDE.DESA.ID – Memasuki hari kedua (19/03/2019) dalam acara Gelar Bimbingan Teknologi Website Desa bagi Aparatur Desa di ruang Merak Tirto Arum, para aparatur desa yang menjadi admin sangat antusias mengikuti. Ada beberapa hal yang disampaikan dihari kedua kali ini, setiap desa di tunjuk untuk bisa mempresentasikan keberadaan websitenya.

Admin SID dari Desa Putatgede mempresentasikan Website http://putatgede.desa.id

Website Sideka (Sistem Informasi Desa dan Kawasan) yang dikembangkan dari BP2DK sejak Tahun 2017, memang belum mendapatkan penanganan yang kontinyu hingga bimtek kali ini diselenggarakan. Padahal kalau dilihat dari 266 desa dan 20 Kelurahan di Kabupaten Kendal baru ada 8 Desa sudah aktif mengelola website desanya sampai ke jenjang Desa.id. Yang lain masih dalam tahap bimbingan untuk lebih giat lagi.

Sebagai contoh website milik Desa Limbangan Kecamatan Limbangan (http://limbangan.sideka.id), secara aktif memuat berita-berita tentang lingkungannya. Menurut admin desanya, untuk pengelolaan dalam memuat berita diserahkan kepada karang taruna. Walaupun dengan website sideka masih dalam tema asli, tapi beliau sangat bangga, pemuda-pemudanya aktif dan tidak buta teknologi.

Aparatur Desa yang mengikuti Bintek siap untuk mengelola Website Desanya masing-masing.

Ada beberapa hal / catatan yang disampaikan oleh pihak Dispermasdes dan Diskominfo Kabupaten Kendal, setelah melihat paparan-paparan website desa dari masing-masing desa. Yaitu, tentang tampilan dan isi berita memang sangat dibutuhkan agar informasi bisa secara hangat diterima oleh masyarakat.

Namun dalam menyampaikan berita, harus menerapkan beberapa-beberapa kaidah dalam kode etik jurnalistik. Selama ini memang Pemerintah Desa dituntut untuk transparan, akan tetapi transparan disini tidak harus telanjang. Sedangkan Pemerintah Kabupaten Kendal saat ini sedang membahas tentang Peraturan yang ditujukan untuk Desa terkait dengan Pengelolaan Sistem Informasi Desa. Harapannya agar desa tidak secara sembarang memuat berita-berita di lingkungannya.

Paparan Website http://gondoharum.desa.id mendapatkan ulasan dari Dispermasdes dan Diskominfo.

Dengan adanya teknologi dan maraknya website-website, desa yang sudah mempunyai diharapkan agar selalu aktif dalam memberikan informasi-informasi tentang potensi dan perkembangan desanya secara kontinyu.

Karena untuk tahun ini, pengelolaan website sideka ditangani langsung oleh Diskominfo Kabupaten Kendal. Sehingga ketika ada kendala pihak desa yang kekurangan informasi tentang pengelolaan dan cara membuat berita atau apasaja yang berhubungan dengan website sideka bisa langsung dikoordinasikan. (Admin).

Komentar Facebook

Tinggalkan Komentar dan Balasan