480 Peserta Ikuti Pembukaan Pesta Siaga SD/MI Se-Kecamatan Ngampel

Kabar Desa Lingkungan Seni Budaya

PUTATGEDE.DESA.IDSALAM PRAMUKA..!! Bertempat di Lapangan Sepak Bola Desa Putatgede Kecamatan Ngampel, Camat Ngampel hadiri Upacara Pembukaan Pesta Siaga Ranting 11.24.18 Kecamatan Ngampel. Sabtu (02/03/2019).

Slogan Pesta Siaga Mandiri, Santun dan Gembira. Menjadi tujuan dalam berlomba.

Dasar Pelaksanaan Pesta Siaga kali adalah Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2009 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka, Keputusan Kwatir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 203 Tahun 2009 Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, Keputusan Kwatir Nasional Gerakan Pramuka 131/KN/76 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pesta Siaga dan Edaran dari Ketua Kwarcab 222/1124.a/2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pesta Siaga Tahun 2019 serta Rapat Kerja Pengurus Ranting 11.24.18 Kwartir Ranting Kecamatan Ngampel Tanggal 21 Januari 2019 dengan Agenda Pelaksanaan Pesta Siaga Tahun 2019.

Peserta Pesta Siaga dari SD/MI Se-Kecamatan Ngampel, Ikuti Upacara Pembukaan.

Kegiatan Pesta Siaga diikuti oleh 480 ananda Putra dan Putri siaga dari SD/MI Se-Kecamatan Ngampel, dengan didampingi oleh 40 Pembina Mabigus. Sebagai Tim Juri adalah dari SMA Negeri 2 Kendal, SMK Ngesti Widhi Kendal, SMP Negeri 02 Pegandon, dengan lomba yang dilaksanakan adalah Lomba Barung. Sebagai kegiatan lomba pesta siaga bertempat di Gedung SD Negeri Putatgede.

Upacara Pembukaan di lakukan oleh Helyudin, S.IP selaku Camat Ngampel sekaligus sebagai Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) Kecamatan Ngampel. Diawal sambutannya, beliau meneriakkan Salam Pramuka secara Tegas, disambut dengan Salam Pramuka oleh seluruh Peserta yang hadir.

Dalam sambutannya, beliau juga menghimbau dan mengajak kepada generasi penerus terutama para peserta pesta siaga untuk bisa turut mensukseskan dalam rangka pembinaan generasi muda, dan pesta siaga kali untuk dijadikan sebagai ajang silaturrahmi dan pembinaan kesadaran dimulai sejak anak didik pramuka siaga sebagai tugas awal gerakan pramuka secara bertahap dapat ditingkatkan sebagai pribadi yang memiliki kesadaran hukum, tertib masyarakat dan kesadaran bermasyarakat serta kesadaran bernegara. Serta untuk tetap waspada dari pengaruh negatif tehnologi yang saat ini semakin canggih dan untuk selalu bejalar dengan giat agar bisa berguna untuk dikemudian hari.

“Seorang pembina pramuka harus dapat memberikan contoh dan tauladan yang baik, karena seorang pembina pramuka siaga merupakan tumpuan bagi anak-anak dalam suatu kegiatan dan bagaikan kehidupan didalam lingkungan keluarga sendiri,” Papar Camat Ngampel.

Dilanjutkan dengan pemotongan tali balon oleh Camat Ngampel, sebagai tanda bahwa Pesta Siaga 11.24.18 Ranting Kecamatan Ngampel Tahun 2019 ini dibuka dan Penyematan Tanda Peserta.

Penyematan Tanda Peserta diwakili oleh Ananda dari SDN Putatgede (Putra) dan SDN Winong 02 (putri). Dok. Agus Gunawan.

 

Semangat Adik-adik Peserta Pesta Siaga yang patut dibanggakan.

 

Upacara disambut dengan cerahnya cuaca dipagi hari.

Acara berikutnya adalah Pelaksanaan Lomba-lomba dan nantikan untuk berita selanjutnya. (Dok. Agus Gunawan).

 

Komentar Facebook

Tinggalkan Komentar dan Balasan