218 Website Desa di Kendal Aktif, 8 Website sudah migrasi ke domain desa.id

Kabar Desa Pemerintahan

PUTATGEDE.DESA.ID – Semenjak adanya UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Sistem Informasi Desa terus digalakkan baik di Pemerintahan Pusat maupun sampai tingkat Desa. Program pembuatan website yang diberikan ke desa dan kelurahan sejak 2017 silam ternyata sampai saat ini tercatat ada 286 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Kendal.

Website milik Desa Putatgede menjadi contoh rujukan untuk pengelolaan website desa di Kabupaten Kendal.

Bimbingan teknologi tentang pengelolaan Sistem Informasi Desa khususnya penangan Website Desa terus digalakkan oleh 2 (dua) OPD, yaitu Dispermasdes dan Diskominfo Kabupaten Kendal selama 2 tahun terakhir ini. Dari hasil survey Diskominfo Kab. Kendal beberapa hari yang lalu, di sebutkan sudah ada 8 Website Desa yang sudah migrasi ke domain desa.id. Sebagian Sedangkan sisanya belum secara maksimal namun aktif dalam masa bimbingan. Ini disebabkan karena beberapa hal, antara lain selalu berganti-ganti Admin. Sehingga kesulitan mengingat user maupun paswordnya.

Delapan desa tersebut diantaranya adalah :

  1. http://putatgede.desa.id, milik Desa Putatgede Kecamatan Ngampel
  2. http://rejosari-ngampel.desa.id, milik Desa Rejosari Kecamatan Ngampel
  3. http://kertomulyo.desa.id, milik Desa Kertomulyo Kecamatan Brangsong
  4. http://sojomerto.desa.id, milik Desa Sojomerto Kecamatan Gemuh
  5. http://cepokomulyo.desa.id, milik Desa Cepokomulyo Kecamatan Gemuh
  6. http://triharjo-kendal.desa.id, milik Desa Triharjo Kecamatan Gemuh.
  7. http://surokontowetan.desa.id, milik Desa Surokonto Wetan Kecamatan Pageruyung
  8. http://gondoharum.desa.id, milik Desa Triharjo Kecamatan Pageruyung

Dilihat dari Dahsboard Sideka.id tertanggal 19/02/2019 ditampilkan dari 286 Desa tercatat aktif sebanyak 218 Website Desa, dengan upload Berita sebanyak 9 buah dalam seminggu ini.

Untuk melihat keberadaan website desa sideka di kendal bisa melalui : https://monitor.sideka.id/home?id=74

Aktivitas pengguna harian

“Kemampuan admin website desa dalam mengolah berita, memang menjadi tantangan tersendiri sehingga mereka belum berani secara langsung memuat atau update berita desanya. Bahkan banyak sekali SDM aparatur desa yang kurang memadai, sehingga mereka cuma aktif membuka website saja. Memang ada beberapa desa yang belum aktif membuka website, dikarenakan lupa user dan passwordnya.” Ungkap Bp. Heri Aryanto selaku Kasi Tata Kelola dan Pemberdayaan Informatika Diskominfo Kabupaten Kendal.

Sementara itu, Kasi pengembangan Informasi Desa Dispermasdes Kendal, Muh Hafidh mengatakan, pelaksanaan bintek bekerja sama dengan Diskominfo Kendal. Tujuannya untuk mengaktifkan kembali website desa/kelurahan, sehingga kegiatan dan berita di desa selalu update. Dikatakannya, output dari bintek itu, yakni website desa/kelurahan akan kembali dikelola secara aktif. Desa akan selalu mengupdate data, baik tentang kegiatan desa maupun informasi kejadian di desa.

“Tujuannya agar data dan informasi baru di desa selalu update, sehingga pemerintah maupun masyarakat juga bisa tahu tentang apa-apa yang ada di desa, seperti data kependudukan, pendidikan, perekonomian, termasuk peristiwa atau kejadian di desa,” jelas Hafidh.

“Inti dari pelaksanaan Bimbingan Teknis Website Desa yang dilakukan selama 2 (dua) hari ini, menitik beratkan pada dorongan kepada Pemerintah Desa untuk lebih giat lagi memerintahkan kepada aparatur desanya melakukan pengelolaan website secara maksimal. Dan mengharapkan dengan secepat untuk melakukan migrasi website desa ke domain desa.id, sebagaimana Peraturan Menteri Kominfo Nomor 05 Tahun 2015 Tentang Registrar Nama Domain Instansi Penyelenggara Negara.” Lanjut Bp. Heri Aryanto.

 

Komentar Facebook

1 thought on “218 Website Desa di Kendal Aktif, 8 Website sudah migrasi ke domain desa.id

Tinggalkan Komentar dan Balasan