Tingkatkan Penyediaan Air Minum & Sanitasi, Putatgede Gelar Sosialisasi Pamsimas

Kabar Desa Kesehatan Lingkungan Warga Desa
Supriyadi (Kades), memberikan sambutan sebagai pembuka acara.

PUTATGEDE (28/2/2018). Untuk memenuhi kebutuhan akan penyediaan air bersih dan sanitasi, Desa Putatgede menggelar sosialisasi program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (PAMSIMAS), di aula Balai Desa Putatgede (28/2/2018) yang diikuti oleh unsur Pemerintah Desa, BPD, RT/RW dan masyarakat desa.

Sosialisasi di awali sambutan dari Kepala Desa Putatgede Bapak Supriyadi. Kemudian, Bapak Widodo sebagai pendamping/fasilitator Pamsimas, mengatakan bahwa program sosialisasi Pamsimas merupakan program dari pemerintah pusat dalam rangka peningkatan kinerja pembangunan air minum dan sanitasi dan telah diterbitkan sejumlah kebijakan guna mendukung percepatan kinerja pembangunan air minum dan sanitasi. Peserta sosialisasi adalah masyarakat setempat yang berada diwilayah lokasi pembangunan.

Walaupun yang hadir belum sepenuhnya, acara tetap dimulai untuk menyingkat waktu.

“Program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) telah menjadi salah satu program andalan nasional untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat,” kata Widodo.

Dia menjelaskan bahwa program Pamsimas akan dilaksanakan 2019, diharapkan dapat meningkatkan jumlah warga perdesaan yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi, serta meningkatkan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat di sekitar.

Infrastruktur air minum dan sanitasi terkadang luput dari perhatian padahal kebutuhan akan air minum dan sanitasi yang layak merupakan suatu kebutuhan paling mendasar yang penting dalam ke berlanjutan kehidupan dan menyentuh langsung keseharian.

Tujuan, meningkatkan akses aman air minum dan sanitasi layak yang berkelanjutan diharapkan mampu meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, menurunkan buang air besar sembarangan dan menurunkan angka penyakit.

Komentar Facebook

1 thought on “Tingkatkan Penyediaan Air Minum & Sanitasi, Putatgede Gelar Sosialisasi Pamsimas

Tinggalkan Komentar dan Balasan