Sinkronkan Office 2016 Untuk Koneksi ODBC Access di Siskeudes

Kabar Desa Siskeudes Tehnologi

PUTATGEDE (4/02/2018).  Koneksi database harus dilakukan pada saat pertama kali aplikasi digunakan. Koneksi database disimpan dalam file config.ini pada folder aplikasi keuangan desa. Koneksi database secara default menggunakan tab koneksi Microsoft Acces Database seperti tampak pada gambar berikut.

Pada inteface koneksi data tersedia 2 pilihan opsi koneksi, via ODBC (Open Database Connectivity) atau Direct Acces. Dengan koneksi via ODBC, aplikasi keuangan desa melakukan pembacaan data tidak secara langsung ke Driver MsAcces akan tetapi menggunakan mesin ODBC pada sistem operasi windows. Sedangkan Direct Acces pembacaan file langsung dilakukan pada file database yang bersangkutan.
Penggunaan opsi koneksi ODBC mengharuskan sistem komputer terinstall Microsoft Jet OleDB 4.0 pada Microsoft Office 2000-2003. Sehingga untuk komputer yang tidak terinstall office 2003 tidak dapat menggunakan fitur ini. Apabila ingin tetap menggunakan fitur ini adalah dengan cara menambahkan instalasi Office Acces 2003 atau Acces Database Engine.

Untuk penggunaan Office 2016 tidak bisa langsung menggunakan opsi koneksi ODBC Access. sehingga kalu di Test maka akan tampil pesan eror seperti ini.

Secara teknis penggunaan opsi via ODBC lebih disarankan dan lebih menjamin keamanan data dari kerusakan (corrupt) dan dapat digunakan pada mode multiuser dengan cara melakukan sharing folder database “DataAPBDes.mde”.
Penggunaan opsi Direct Acces membuat aplikasi langsung melakukan pembacaan file pada database keuangan desa. Opsi ini digunakan apabila dalam komputer tidak tersedia Microsoft Jet Oledb4.0 untuk “*.mdb” pada komputer yang hanya terinstall office2007, 2010 atau 2013. Penggunaan opsi ini tidak disarankan karena pada kondisi tertentu, seperti komputer lambat, low memory atau komputer terinfeksi virus dapat membuat database rusak atau corrupts. Penggunaan opsi ini hanya untuk single user atau dengan kata lain hanya untuk komputer PC atau Laptop secara stand alone (tidak menggunakan jaringan).

Inilah langkah-langkahnya agar Koneksi ODBC Access bisa berjalan di Office 2016.

Sebelum instal Access Database, Tutup atau Close dulu aplikasi Siskeudesnya.

1. Download file Access Database Engine DISINI

2. Extract file tersebut

3. Buka folder Access Database ODBC Siskeudes Untuk Office 2013-2016 tersebut.

4. Jalankan atau Double klik file Access Database Engine yang sesuai dengan sistem office 2016 ( 32 bit / 64bit), tunggu hingga muncul persiapan install

5. Klik  Next > centang  kotak dialog I accept the terms … Klik  Next >

5. Kemudian Klik Install 

6. Tunggu hingga proses Instalasi selesai.. Terakhir Klik OK.

Silahkan file ODBC Access sudah bisa digunakan di Office 2016.

 

Untuk langkah awal agar tidak terjadi konflik pada saat masuk Aplikasi siskeudes.

Pertama-tama Klik Kanan pada file Siskeudes 2018 R1.0.5  kemudian lakukan dengan Run Administrator

Koneksikan dengan Database APBDesa dengan ODBC Access, lakukan test, setelah berhasil simpan pengaturan tersebut.

 

Unduh Access Database Engine

 

CATATAN PENTING : Bagi yang menggunakan Windows 64 Bit, Microsoft Office yang di install / dipakai harus Office 32bit. Karena Aplikasi Siskeudes hanya bisa berjalan di Office 32bit.

 

Komentar Facebook

8 thoughts on “Sinkronkan Office 2016 Untuk Koneksi ODBC Access di Siskeudes

      1. Terima kasih informasinya. Sangat bermanfaat untuk kelancaran siskeudes di Desa kami. Mohon ijin download Access Engine Machine nya. Terima kasih

  1. Saya menggunakan versi windows 7 32 bit. Office 2007. Apa msh perlu acces engine. Dan bbrp kali siskeudes saya buka ada failed register. Mohon solusinya.

    1. Solusi : Untuk pertama kali Klik Kanan Aplikasi Siskeudes / atau Link Shortcartnya, kemudian pilih Run Administrator. Untuk selanjutnya seperti double klik untuk setiap membuka aplikasi siskeudesnya.

  2. Sy sudah instruksi nya, tp kok selalu DSN mismatch melulu.
    Sy pake nya windows 10 x64 dan office x64 juga.
    Mohon solusinya..!

Tinggalkan Komentar dan Balasan