Sideka Pemetaan Untuk Arsip Digital C-Desa (Edisi ToT 1)

Kabar Desa Tehnologi

PUTATGEDE.DESA.ID – Mandalamekar (22/11/2018), Dalam sesi di Coaching Klinik bertempat di Kantor Bumades Pancamandala diberikan materi Pemetaan oleh Kang Arya (BP2DK). Diikuti oleh beberapa peserta ToT yang telah faham akan tentang pengelolaan website desanya. Ada sekitar 25 peserta ToT termasuk Admin sideka dari Desa Putatgede (M. Mustagfirin).

Ada beberapa aplikasi untuk membuat digitasi pemetaan, diantaranya AutoCad, Quantum Gis dan lain-lainnya. Namun di kelas ini, untuk memudahkan peserta dan keragaman dianjurkan menggunakan Quantum Gis, namun untuk proses digitalisasi peserta yang sudah bisa menggunakan selain aplikasi Quantum Gis, dipersilahkan.

Menurut Kang Ary, “Proses Digitalisasi adalah salah satu tugas umum yang seorang spesialis GIS harus lakukan. Seringkali sebagian besar GIS time habis dalam digitalisasi data raster untuk membuat layer vector. QGIS punya kemampuan yang kuat dalam hal digitalisasi dan pengeditan on-screen.”

Pemetaan digitalisasi yang dibuat dalam QGis ini meliputi diantaranya membuat peta, legenda, koordinat, grid, label, skala bar, text, dan gambar di qgis. Dimulai dari Jalan, sungai, seloka, rumah warga, jembatan, kantor desa, sekolah, tempat ibadah, tanah milik penduduk, pohon dan lain-lain. Untuk peta yang digunakan sebagai pembelajaran adalah peta milik Desa Mandalamekar.

Sedangkan alat lain yang mendukung untuk menentukan titik koordinat selanjutnya digunakan GPS (Global Positioning System).

Harapannya para peserta ToT ini yang sekaligus sebagai calon Pandu Desa, harus bisa mengaplikasikan pengetahuan tentang pemetaan yang ada di sideka. Sehingga kedepan pemerintah desa mempunyai data peta desa secara digital (atau bisa dikatakan Arsip C Desa Digital).

Komentar Facebook

Tinggalkan Komentar dan Balasan