Sesuatu Terjadi Ketika Musik Rojopati Dimainkan Dalam Lomba Siskamling

Kabar Desa Lingkungan Seni Budaya Warga Desa

PUTATGEDE.DESA.ID – Malam ini (Selasa, 22 Mei 2018) adalah memasuki Penghujung hari Ke-6 Bulan Suci Ramadhan Kali ini, Desa Putatgede Ditunjuk oleh Pemerintah Kecamatan Ngampel untuk mewakili Lomba Siskamling Tingkat Kabupaten. Acara ini di Laksanakan di Halaman Poskamling milik Warga tepatnya di RT.001 RW.004 Desa Putatgede Kecamatan Ngampel Kab. Kendal.

Persiapan dilakukan sejak 7 Hari yang lalu, dengan melibatkan Seluruh Masyarakat Desa dan Pemuda Desa Putatgede. Malam ini adalah Pelaksanaan Lombanya. Kegiatan tersebut di prakarsai oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal bekerjasama dengan Polres Kendal sekaligus dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kendal ke 413 dan Hari Ulang Tahun Kepolisian Republik Indonesia (Bhayangkara) ke-72 Tahun 2018.

Persiapan Lomba dan pelaksanaannya melibatkan dari Babinkamtibmas dan Babinsa, serta Anggota dari Polsek Kecamatan Pegandon Ngampel.

Dalam sambutannya, Supriyadi selaku Kepala Desa Putatgede menyampaikan bahwa “peranan masyarakat sangat penting dalam menjaga kamtibmas di wilayah tempat tingal masing masing, untuk itu salah satu cara kepolisian dalam menyadarkan dan meningkatkan keikut sertaan masyarakat dalam menjaga kamtibmas.”

“Target penilaian lomba pos kamling bukan se-mata-mata mencari juara atau pemenang, namun untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait dengan keamanan lingkungan masing-masing,  melaui sistim keamanan lingkungan (siskamling),” Tandasnya pula.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Pada kesempatan tersebut, Heru Purnomo RR, SH.MM. selaku Camat Ngampel juga sambutan yang tak kalah menariknya, yaitu Beliau jauh-jauh hari sudah menghimbau kepada setiap Pemerintah Desa di kecamatan Ngampel agar menguri-uri budaya (salah satunya Musik Thek-thek) yang ada didesanya yang nantinya akan diadakan lomba tingkat Kecamatan Ngampel. Serta juga menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Desa Putatgede yang telah berjuang untuk mempersiapkan Lomba Siskamling kali ini.

 

Penilaian yang dilaksanakan oleh Tim dari Mapolres Kendal, meliputi beberapata kriteria antara lain :

  1. Sarana Fisik Pos Kamling
  2. Sarana Pendukung yang ada di Poskamling
  3. Petugas Piket / Ronda Malam
  4. Pelaksanaan Ronda Malam
  5. Musik Thek-thek
  6. Simulasi Kejadian Saat Ronda Malam

Ada sesuatu yang menyita perhatian para hadirin, yaitu pada saat penampilan Lomba Musik Thek-thek, Ada Penari Cantik yang ikut bergoyang saat itu. Karena saat latihan, Penari tersebut tidak ikut serta. Para penabuh alat musik juga berseragam cerah malam itu. Yang tak kalah menarik lagi pada waktu Simulasi, ada Pencuri ayam yang tertangkap hampir menjadi babak belur. Beruntung warga setempat bisa dilerai oleh Ketua RT setempat, akhirnya didamai secara kekeluargaan.

(Red).

Komentar Facebook

Tinggalkan Komentar dan Balasan