Monitoring dan Evaluasi STBM dari Puskesmas Kec. Ngampel

Kebersamaan dalam membangun demi desa yang lebih Maju, Inovatif dengan Berbasis Tekhnologi Informasi.

PUTATGEDE (22/03/2018). Menindaklajunti ada pemberian bantuan dalam rangka ODF (Open Defecation Free) untuk masyarakat Desa Putatgede beberapa waktu yang lalu di Tahun 2017, Puskesmas Kecamatan Ngampel menggelar acara Monitoring dan Evaluasi STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat). Acara dilaksanakan hari ini Kamis, 22 Maret 2018 bertempat di Aula Balai Desa Putatgede, dengan menghadirkan masyarakat kurang lebih 30 orang penerima manfaat. Dari Puskesmas Kecamatan Ngampel yang dikepalai Ibu dr. Sri Rochayati menugaskan kepada Ibu Siti Maryam, SKM (Bidang Sanitarian) dan Bpk. Moh. Natsir, A.Md (Bidang Programer P2) serta Ibu Listyawati, A.Md.Keb. (Bidan Desa) dengan Tamu undangan dari Koramil Pegandon (Bp. Serda Tri Juni S).

Dalam pengarahannya Ibu Maryam menjelaskan bahwa : “Sanitasi Total Berbasis Masyarakat adalah Kegiatan sanitasi yang menitikberatkan pada perilaku masyarakat untuk menjadi perilaku hidup bersih dan sehat. STBM terdiri 5 (lima) pilar yaitu Stop BAB Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) secara inti terdiri dari 2 point yaitu Setelah BAB dan Sebelum Makan), Penyediaan Air Bersih Rumah Tangga dan Makanan, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga. Kegiatan ini harus dilakukan oleh masing-masing rumah tangga agar setiap rumah tangga menjadi berperilaku hidup bersih dan sehat, sehingga kesehatan itu dapat diupayakan sendiri oleh masyarakat, karena Sanitasi Total Berbasis Masyarakat merupakan pemberdayaan masyarakat untuk menuju keluarga yang sehat.”

Sebagai acuan adalah Program dari Menteri Kesehatan yang telah dicanangkan pada tahun 2017 yaitu PISPK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga). Program ini diantaranya melalui kunjungan ke setiap keluarga untuk mendata Keluarga Sehat dengan kriteria indikasi antara lain :

  1. Kepesertaan KB
  2. Keikutsertaan kegiatan Posyandu
  3. Keikutsertaan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional)
  4. Keadaan Jamban Keluarga Sehat
  5. Keadaan Air Besrih
  6. Pelayanan bagi TBC, Penderita Hipertensi, Kencing Manis, Gangguan Jiwa secara teratur dan sesuai dengan standar pelayanan.
  7. Keadaan Pendidikan Keluarga
  8. Keadaan Ibu Hamil
  9. Ketergantung Merokok bagi anggota keluarga, dan lain-lain.

Dari pelaksanaan Program Pendataan tersebut, hasil selanjutnya akan dijadikan sebagai Raport untuk Keluarga Sehat.

 

Bertemu Dengan Teamwork


Firin
M. Mustagfirin

Administrator

Bertanggungjawab menyunting penayangan berita Desa.

Santo
Susanto

Photografer

Keahlian dalam mengambil gambar berita.

Agus
M. Agus Sutikno

Kontributor

Bertugas dalam memburu Berita Ekonomi dan Sosial

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar dan Balasan