KPU Kendal Gelar Verifikasi Faktual Pendukung Calon Anggota DPD Jalur Perseorangan

Kabar Desa Pemilu

PUTATGEDE.DESA.ID – Rangkaian Persiapan Pemilihan Umum Tahun 2019 terus bergulir. Saat ini telah memasuki tahapan verifikasi faktual calon perseorangan Pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Dalam tahap verifikasi tersebut, berkas pencalonan yang terdaftar akan dikaji dan dicocokkan dengan fakta di lapangan.

Dengan berdasar pada UU No.7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan PKPU No.7 Tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Pemilihan Umum sebagaimana telah diubah dengan PKPU No.5 Tahun 2018. Hari ini Minggu, 03 Juni 2018. Anggota KPU Kendal (Usman Osda Daud (selaku Komisioner KPU), Fadlan, Eriyani dan Mita) melakukan verifikasi fakta dukungan bagi Calon Anggota DPD perseorangan di Kecamatan Ngampel. Dalam melakukan kegiatan tersebut Anggota KPU didampingi oleh perwakilan PPK Kecamatan Ngampel (Slamet Riyadi, S.Pd, Slamet Riyadi. ST, Widiyanto dan Mustaghfirin) dan perwakilan PPS Desa Putatgede.

Tak terkecuali Desa Putatgede terdapat 3 orang (Siti Mutakhidah Ahdan (Rt.02/06), Sugiarti (Rt. 01/04) dan Akhmadi (Rt.02 Rw.01) yang teruji sampling memberikan dukungan bagi Bakal Calon Anggota DPD, mereka secara bergilir dilakukan verfikasi fakta dukungan dengan sensus atau didatangi langsung kerumah yang bersangkutan, untuk memastikan apakah orang yang fotocopi KTPnya disetorkan sebagai bukti dukungan kepada calon anggota DPD benar-benar memberikan dukungan atau tidak.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Dari 3 orang tersebut, 1 orang diantaranya bisa bertemu langsung dengan yang bersangkutan dan yang lainnya hanya bertemu dengan anggota keluarganya karena yang yang bersangkutan belum pulang dari bekerja.

Secara umum, masyarakat berharap agar KPU secara ketat dalam memverifikasi, dan tidak ada dispensasi bagi parpol atau perseorangan yang tidak memenuhi syarat. Kita berharap melalui proses demokrasi yang baik itu akan lahir legislator dan pemimpin rakyat yang baik untuk memperjuangkan kesejahteraan rakyatnya.

Komentar Facebook

Tinggalkan Komentar dan Balasan