Kemendes PDTT No.16 Tahun 2018 Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019

Kabar Desa Peraturan Desa

Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kabupaten/kota dan digunakan untuk mendanai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat. (Permendes No. 16 Tahun 2018).

Bagi yang masih bingung tentang penggunaan dana desa dan apa saja yang menjadi prioritas penggunaan dana desa, bisa mengikuti Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019. Karena banyak yang masih bingung mengalokasikan dana desa nya untuk apa saja, maka dengan adanya Peraturan Menteri Desa ini akan memberikan gambaran prioritas-prioritas dalam kegiatan yang dilakukakan didesa yang harus didahulukan. Pada Bab 3 Pasal 4 terdapat 3 (tiga) point yang disebutkan tentang prioritas penggunaan dana desa yaitu sebagai berikut :

  1. Penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa
  2. Prioritas penggunaan Dana Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat digunakan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan prioritas yang bersifat lintas bidang.
  3. Prioritas penggunaan dana desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2), diharapkan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Desa berupa peningkatan kualitas hidup, peningkatan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan serta peningkatan pelayanan publik di tingkat Desa.

Sedangkan dari ketiga prioritas tersebut dirincikan atau diuraikan lagi pada pasal-pasal berikutnya. Untuk penggunaan kebutuhan desa lainnya bisa dianggarkan setelah semua dari ketiga prioritas tersebut dipenuhi.

Download

 

Komentar Facebook

Tinggalkan Komentar dan Balasan