Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilgub Jateng Tahun 2018

Kabar Desa Pemilu

PUTATGEDE.DESA.ID – Setelah melalui tahapan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), KPU Kota Kendal melaksanakan Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pilgub Jateng 2018 untuk PPK di masing-masing Kecamatan, yang kemudian dilanjutkan dengan Bimtek PPS dan KPPS.

Untuk kali ini, KPPS Desa Putatgede mengikuti Bimtek Permulaan yang diselenggarakan PPS Desa Putatgede, Narasumber pada bimbingan teknis yang dilaksanakan di aula Balai Desa Putatgede adalah Ketua KPPS (Muchamad Sulchan) dengan didampingi oleh Kepala Desa Putatgede (Supriyadi) menyampaikan materi terkait Tahapan Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara pada tanggal 27 Juni 2018 kelak. Peran Pemerintah Desa Putatgede dalam Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng Tahun 2018, adalah mengawasi jalannya pelaksanaan Pemilu tersebut.

Sulchan menyampaikan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemungutan dan penghitungan suara yaitu Penekanan kepada KPPS bahwa dibutuhkan kecermatan dalam pengadministrasian data pemilih, pengecekan EKTP dan tanda tinta pada jari pemilih yang akan menggunakan hak pilih, penekanan informasi kepada pemilih bahwa formulir C6 bukan undangan melainkan pemberitahuan dan pemilih wajib membawa KTP elektronik, Pemilih wajib mengisi dan menadatangani formulir Model C5-KWK, kelengkapan TPS yang berada di luar kotak yaitu ATK, Formulir C7-KWK, Daftar Pemilih, Tanda Pengenal KPPS, Saksi dan Pemantau, seluruh proses tahapan wajib terinformasikan dan terdata ke dalam aplikasi TUNGSURA.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Setelah penyampaian materi dari masing-masing narasumber, Kepala Desa Putatgede mengingatkan tahapan pemungutan dan penghitungan suara yang hanya sehari itu akan menentukan masa depan provinsi Jawa tengah, dimana perisapan-persiapannya harus sudah dimulai. Harapannya setelah bimbingan teknis ini, nanti PPS menyampaikan kepada KPPS terkait segala proses dan mekanisme pada saat pemungutan dan penghitungan suara, dapat di implementasinya dengan benar pada saatnya nanti.

Secara bersamaan juga, PPD Putatgede (Muh. Lutfi Hakim) menyampaikan paparan tentang tugas PPD dan Panwas tiap -tiap TPS di Putatgede. Beliau juga berharap agar nantinya KPPS dapat bekerja secara maksimal, jujur dan adil.

Panwaslu Kecamatan Ngampel Hadiri Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilgub 2018 di Desa Putatgede
Komentar Facebook

Tinggalkan Komentar dan Balasan