Baru Tahu Kemudahan Sinkronisasi Prodeskel dan Input Anggaran Siskeudes Melalui Sideka Desktop

Kabar Desa Pemerintahan

PUTATGEDE.DESA.ID – Ngampel (11/12/2018). Merujuk surat dari Camat Ngampel Nomor 005/996 tentang Undangan Bimbingan Teknis Input Data-data Profil Desa di Prodeskel, dilaksanakan Hari ini Selasa, 11 Desember 2018 diikuti Desa-desa di Kecamatan Ngampel dan peserta setiap desa yaitu Sekretaris Desa, Kasie Pemerintahan dan Kaur Keuangan.

Much. Mustagfirin Memberikan pengarahan saat pelatihan SID untuk Prodeskel

Sesuai himbauan dari Kemendagri saat Pelatihan ToT (Training of Trainers) di Desa Mandalamekar Kab. Tasikmalaya beberapa minggu lalu. Bahwa setiap desa diwajibkan untuk menginput Potensi dan Perkembangan Desanya dalam Sistem Informasi Desa milik Kemendagri yang dikenal dengan Prodeskel (Profil Desa dan Kelurahan).

 

Isian data di Prodeskel tersebut di Tahun 2017 yang lalu digunakan desa untuk menentukan kriteria desanya, yang digunakan sebagai acuan Pembentukan SOTK (Susunan Organisasi dan Tata Kerja) yang baru di setiap desa. Ada 3 (tiga) kriteria desa dan susunan SOTKnya, yaitu Swadaya (SOTK terdiri dari 2 Kaur dan 2 Kasie), Swakraya (SOTK bisa terdiri dari 3 Kaur dan 3 Kasie atau 2 Kaur dan 2 Kasie), Swasembada (SOTK terdiri dari 3 Kaur dan 3 Kasie). Dan untuk Tahun 2018 ini, oleh Kemendagri batas akhir input data adalah tanggal 31 Desember 2018, secara kontinyu data tersebut memang harus diinputkan setipa tahun.

Tampilan Aplikasi SID Prodeskel milik Kemendagri

Untuk mempertahankan kriteria tersebut, maka di Kecamatan Ngampel hari ini terdiri dari 12 desa bersama-sama menginput Data-data yang diperlukan di Prodeskel tersebut. Dan sekaligus mengupload Data Kependudukan (DDK, Data Dasar Keluarga) di Aplikasi Sideka Desktop yang kemudian disinkronisasi ke Prodeskel.

 

Dari upload data kependudukan tersebut melalui Sideka Desktop, Pemerintah Desa bisa dengan mudah mengklasifikasi penduduknya, dari jumlah laki-laki per RT, per RW, kemudian pendidikan dan dan pekerjaan serta klasifikasi berdasarkan umur.

Didalam kesempatan tersebut juga, bersama-sama belajar menginput Data Anggaran Siskeudes melalui Sideka Desktop. Peserta baru mengetahui mudahnya input Database Siskeudes melalui Sideka tersebut, karena ditampilkan secara melebar, dan RAB ditampilkan seperti layaknya Excel.

Aplikasi Sideka adalah hasil kerjasama dari BP2DK (Bada Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan) Kantor Staf Presiden dan dikembangkan oleh BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) Kemkominfo dan telah disinkronisasi oleh beberapa Kementrian.

Aplikasi Sideka Desktop bisa didownload DISINI.

 

Komentar Facebook

Tinggalkan Komentar dan Balasan